Hari ini:Kamis, 9 Juli 2020

Membuat Repositori Baru pada Projek Git #2

Bisa Koding ~ Repositori adalah sebuah folder / direktori projek yang menggunakan Git. Cara membuat repositori pada projek kamu sebagai berikut.

git init nama_direktori

kode diatas akan membuat repositori di dalam direktori yang mempunyai nama_direktori.

git init .

kode diatas akan membuat repositori pada pada direktori yang aktif saat ini (working directory). Seperti contoh gambar dibawah ini.

jika muncul tulisan dibawah ini berarti direktori kamu sudah berhasil terinstall git.

Setelah kamu berhasil membuat repositori maka di direktori projek kamu akan muncul file dengan nama .git direktori ini digunakan Git sebagai database untuk menyimpan perubahan yang kita lakukan.

.gitignore

<span class="has-inline-color has-luminous-vivid-orange-color">.gitignore</span> merupakan sebuah file yang berisi daftar nama-nama file dan direktori yang akan diabaikan oleh Git.

Semua perubahan yang kamu lakukan pada Git tidak akan dicatat oleh Git jika kamu telah menuliskan nya di <span class="has-inline-color has-luminous-vivid-orange-color">.gitignore</span> 

/node_module/
/vendor/
contoh.html

pada direktori diatas, saya menuliskan direktori node_module, vendor, dan file contoh.html semua folder dan file tersebut tidak akan dicatat oleh Git.

Mungkin sekian tutorial tentang membuat repositor baru pada Git , semoga bermanfaat ya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulisa di kolom komentar. Terima Kasih~ ^-^

Tutorial Selanjutnya : Melakukan Git Commit Pada Projek #3

Total Page Visits: 123 - Today Page Visits: 1

Founder & Author di Bisa Koding, Senang mempelajari hal baru. Sekarang domisili di Planet Bekasi ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *